Kantin Sehat Impian Para Pelajar

Siswa menikmati makanan sambil berkcengkrama. (foto:yp)

 

Sejak dulu jajan di Kantin telah menjadi aktivitas yang paling disukai oleh para pelajar. Bahkan bisa dikatakan jajan sudah menjadi kebutuhan primer yang dilakukan setiap hari. Tanpa kita sadari, kita telah mengkonsumsi makanan yang belum jelas asal – usulnya. Apakah dari bahan yang lazim atau yang tidak lazim untuk dimakan. Lalu makanan manakah yang dimaksud makanan lazim dan tidak lazim?

Selain ditinjau dari nutrisi dan nilai gizi, makanan di Kantin sehat harus bebas dari 7P. Lalu apa itu makanan bebas 7P?. Makanan bebas 7P ialah bebas dari penyedap makanan, pemanis buatan, pewarna, pengawet, plastik, pemutih, dan pengenyal.

Kantin di SMP Negeri 20 Malang termasuk dalam salah satu contoh kantin idaman, karena terbukti dari menu – menu makanan yang disajikan. Selain itu situasi dan kondisinya yang sangat strategis berada disekeliling ruangan – ruangan penting, contohnya Perpustakaan, Kantor, Ruang life skill, Ruang kelas, Gazebo, dan lain – lain.

Bicara soal pemilihan menu, kantin SMP Negeri 20 Malang sangat kreatif dalam menyajikanya. Semua hidanganya sangat bervariasi dan terjamin nutrisi maupun nilai gizinya. Rata- rata menu sajian kantin sudah bebas dari 7P, mungkin hanya beberapa saja yang belum sepenuhnya terbebas, contohnya masih ada minuman atau makanan yang dibungkus plastik.

Namun ada kalanya Kantin SMPN 20 Malang tampak kurang baik, terutama saat jam istirahat. Karena tergesa – gesa ditambah lagi dengan situasi yang ramai. Terkadang piring, gelas, mangkok dan alat makan lainya terlihat berserakan dan bahkan ada yang pecah karena tersenggol beberapa siswa.

Sering kali disekitar Kantin tercium aroma tidak sedap IPAL karena lokasinya yang berdekatan. Hal itu terkadang membuat beberapa siswa enggan untuk datang ke Kantin. Selain itu pernah terdapat kotoran di dalam makanan karena kelalaian penjual. Salah satu tempat makanan disana juga pernah melayani pelanggan dengan tangan kosong tanpa alat ataupun sarung tangan, hal ini bisa jadi salah satu penyebab siswa sakit perut.

Maka dari itu kita sebagai pelajar sebaiknya lebih cermat dan hati – hati dalam mengkonsumsi makanan agar terbebas dari  berbagai pennyakit. Karena nutrisi dan gizilah yang paling dibutuhkan dalam masa pertumbuhan .

Pastikan makanan yang akan kita konsumsi terbebas dari 7P. Menilai makanan bukan hanya dari tampilanya saja tapi dari rasa, tekstur, warna, dan dari jangka waktu ketahananya.

Link