Bentuk Karakter Siswa, Gelar Workshop dan Istighosah

Khusuk. Salah satu cara untuk menguatkan mental siswa adalah dengan istighosah. Jumat (20/9/3014).

 

Smpn 20 malang menggelar tiga kegiatan berbeda dalam waktu yang yang bersamaan pada pagi hari, Jum’at, 20/9/2019. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka mewujudkan pendidikan karakter siswa sebagai upaya peningkatan belajar siswa guna mencapai pribadi yang religious, nsionalis, mandiri, peduli, jujur dan bertanggungjawab.

 

Istighosah

Istighosah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan siswa SMPN 20 Malang bertempat di masjid Sunan Kalijaga, Jumat (20/9/3014).

Ali Muhsin, S.Ag mengungkapkan, ”Istighosah ini bagian dari persiapan mental spiritual. Ini semacam relaksasi agar mereka tidak tegang dlam kegitan belajar,”katanya.

Selain istighosah, dia menggalakkan beberapa kegiatan spiritual rutin seperti sholat Dhuha bersama di sekolah maupun memberikan motivasi-motivasi rutin ke siswa.

Ditempat yang berbeda diadakan kegiatan lain yaitu Workshop Pendidikan Lingkungan Hidup di Gazebo dan Motivasi Belajar Siswa diadakan di Aula SMPN 20 Malang. 

Peserta workshop Peduli Lingkungan siswa kelas VII (tujuh) SMP negeri 20 Malang. (20/9/2019)

 

Workshop

Ada beragam cara mengajak siswa-siswi mencintai alam lingkungan di sekitar sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Di SMPN 20 kota Malang.

Sekolah berupaya mengajak siswanya dengan diadakannya workshop bertema “Peduli Lingkungan Sekitar”. (20/9/2019)

Tujuan kegiatan tersebut supaya siswa mampu berkreativitas dan berinovasi dalam menjaga lingkungan.

Dra. BUDI ARTI ANDJAJANI “Peduli terhadap lingkungan merupakan wujud dari kesuksesan siswa, karena semua agama mengajarkan pentingnya peduli terhadap lingkungan” ungkapnya. (20/9/2019)

SMPN 20 Malang terus berupaya memotivasi siswa dengan mengadakan workshop motivasi belajar dengan harapan siswa mampu menjalani kegiatan belajar dengan baik. Sehingga siswa tidak lagi tidur ketika jam pelajaran berlangsung, siswa mengabaikan penjelasan guru, siswa lebih asyik dengan gawai ketimbang membaca buku, dan lain-lain.

Dra. Yakusni . “Motivasi diri untuk terus belajar merupakan hal yang sangat penting bagi setiap siswa, karena motivasi tersebut akan menggugah siswa untuk tetap bersemangat dalam belajar. Sebaliknya, tanpa motivasi tersebut siswa akan merasa sulit untuk memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru”. Ungkapnya. (20/9/2019)

Link