Pengenalan Lingkungan Sekolah SMPN 20 Malang Digelar Empat Hari

Siswa serius memperhatikan saat pemateri menjelaskan tentnag Wawasan Wiyata Mandala. (Dok. yp) 15/7/2019

 

MALANG – Sejak Senin, (15/7), siswa baru SMPN 20 mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Kegiatan ini diikuti sebanyak 289 siswa baru. Selama empat hari, siswa dikenalkan dengan lingkungan sekolah. Tak hanya itu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan sekolah untuk menggali potensi siswanya.

Waka Kesiswaan Moch. Hafidz Abror, mengatakan, upaya tersebut sesuai dengan tujuan PLS berdasarkan Permen Nomor 18 Tahun 2016.

Materi PLS diantaranya wawasan wiyata mandala, kurikulum, kesadaran berbangsa dan bernegara, UKS, sekolah bersih narkoba, pendidikan karakter, demo ekstrakurikuler dan pengenalan lingkungan (area) sekolah.

 

Setelah pelaksaan PLS siswa baru dibebaskan untuk memilih sendiri program ekstra yang dikehendaki. Tidak harus mengikuti program yang diarahkan oleh guru. “Karena itu adalah hak mereka untuk belajar. Tetap akan didampingi dan kami fasilitasi dengan maksimal,” imbuhnya.

Ia berharap siswa baru SMP Negeri 20 Malang dapat lebih cepat mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Sebab dengan mereka bisa lebih cepat menyesuaikan diri, maka akan lebih nyaman di sekolah. Sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik.

Sehubungan dengan pendidikan karakter, Kepala SMP Negeri 20 Drs. H. Dedy Farid Ifanul Islam, M.K.Pd. mengatakan, yang pertama dan utama dalam pendidikan adalah karakter. Oleh karena itu siswa harus mengetahui bahwa pendidikan kunci dan wujud daripada pelaksanaan pendidikan disekolah.

(yp. 17/7/209)

Link