ANALISIS TUJUAN PROGRAM ADIWIYATA

  •  
  •  
  •  

Kondisi sekarang

Kondisi yang akan dicapai

  1.  
  • Peninjauan visi, misi, dan tujuan sesuai dengan tema lingkungan
  • Review KTSP berwawasan lingkungan
  • Penetapan KKM yang mencantumkan indicator PLH
  • Penyusunan RKAS berwawasan lingkungan

Terwujudnya kebijakan berwawasan lingkungan

  • visi, misi dan tujuan sudah sesuai  dengan tema lingkungan
  • sebagian besar sudah menetapkan SK KD berwawasan lingkungan

 

 

  • sebagian besar KKM sudah mencantumkan indicator PLH
  • RAKS belum sepenuhnya terkait dengan PLH
  • visi, misi dan tujuan sudah sesuai  dengan tema lingkungan
  • semua sudah menetapkan SK KD berwawasan lingkungan

 

 

  • semua KKM sudah mencantumkan indicator PLH
  • RAKS sepenuhnya terkait dengan PLH
  1.  
  • Penerapan  pendidikan LH terintegrasi dalam semua mata pelajaran
  • Penyusunan Silabus dengan memasukan pendidikan LH
  • Penyusunan indikator dan evaluasi terkait dengan LH
  • Penyusunan RPP untuk PBM di kelas, luar kelas, dan lab
  • Penyertaan orang tua dalam tugas siswa
  • Hasil PBM siswa sesuai tema dalam karya nyata

 

Terciptanya kurikulum berwawasan LH

  • belum sepenuh menerapkan LH dalam semua mata pelajaran
  •  Silabus  belum memasukan LH 
  • belum sepenuhnya penyusunan indikator dan evaluasi terkait dengan materi LH
  • Penyusunan RPP untuk PBM di kelas, luar kelas, dan lab
  • belum menyertaan orang tua dalam tugas siswa.
  • Hasil PBM siswa sesuai tema dalam karya nyata

 

  • telah menerapkan pendididkan LH terintegrasi dalam semua mata pelajaran
  • telah menyusun silabus dengan memasukan pendidikan LH
  • penyusunan indikator dan evaluasi telahterkait dengan LH
  • Penyusunan RPP untuk PBM di kelas, luar kelas, dan lab
  • menyertakan orang tua dalam tugas siswa
  • Hasil PBM siswa sesuai tema dalam karya nyata

 

  1.  
  • Pemeliharaan kebersihan sekolah
  • Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
  • Pengolahan sampah organik
  • Mendaur ulang bahan bekas
  • Melaksanakan kegiatan jumat bersih
  • Melaksanakan KIR/PIR
  • Mendatangkan nara sumber untuk pembinaan katin sehat
  • Mendatangkan nara sumber dari Lingkungan Hidup untuk melatih kader adiwiyata
  • Mendatangkan nara sumber untuk materi Penyalahgunaan narkoba, penyakit menular HIV/AID
  • Melaksanakan LDK
  • Melaksanakan PHBN dan PHBA
  • Melaksanakan lomba kebersihan
  • Melaksanakan Kegiatan OR secara rutin
  • Pembiasaan budaya
  • Pemanfaatan limbah air wudlu
  • Penataan lingkungan
  • Peningkatan keindahan
  • Peningkatan kerindangan
  • Dukungan mitra dari komite

 

 

Terwujudnya peran serta seluruh warga baik dari dalam maupun luar sekolahterhadap pelestarian lingkungan hidup

  • Pemeliharaan kebersihan dibantu OB
  • Kegiatan eskul belum sepenuhnya menerapkan LH
  • Kreativitas pengelolaan LH belum optimal
  • Kegiatan LH oleh guru belum optimal
  • Kegiatan LH Oleh siswa belum optimal
  • Mendatangkan nara sumber
  • Dukungan pelatihan dan sarana
  • Dukungan mitra dari komite

 

 

  • Pemeliharaan kebersihan oleh siswa
  • Pemanfaatan fasilitas udah optimal
  • Kegiatan eskul sudah menerapkan LH
  • Kreativitas pengelolaan LH sudah optimal
  • Kegiatan LH oleh guru udah optimal
  • Kegiatan LH Oleh siswa udah optimal
  • Mendatangkan nara sumber (lebih sering)
  • Dukungan pelatihan dan sarana (lebih baik)
  • Dukungan mitra dari komite (lebih baik)

 

  1.  
  • Pengadaan kamar mandi siswa
  • Pengadaan media pembelajaran
  • Pemeliharaan sarana sekolah
  • Melaksanakan efisiensi
  • Pengadaan pot-pot besar
  • Pavingisasi
  • Perawatan gedung dan taman sekolah
  • Pembuatan kolam pemanfaatan air wudlu
  • Pengadaan greenhouse
  • Pembuatan biopori
  • Pembuatan sumur peresapan
  • Pengadaan tanaman
  • Pengadaan pengolahan limbah cucian kantin
  • Pengadaan tempat persemaian
  • Pembuatan rak tempat persemaian
  • Tata tertib dan penanggung jawab sarana dan prasarana

 

Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung pelestarian keaneka ragaman hayati

  • Jumlah kamar mandi siswa kurang memadai
  • Pengadaan sarana  LH  belum memadai
  • Pengadaan sarana PBM terkait materi LH belum memadai
  • Pemeliharaan sarana sekolah cukup baik
  • Belum memanfaatkan limbah air wudlu
  • Tata tertib dan penanggung jawab sarana belum optimal
  • Cukup efisiensi
  • Greenhouse masih kurang
  • Jumlah biopori baru beberapa titik
  • Jumlah tanaman masih kurang
  • Belum memiliki sumur peresapan
  • Belum memanafaatkan limbah cucian kantin
  • Belum memiliki tempat persemaian tanaman

 

  • Pengadaan kamar mandi siswa
  • Pengadaan sarana pengolahan sudah memadai
  • Pengadaan sarana PBM terkait materi LH  sudah memadai
  • Pemeliharaan sarana sekolah baik
  • Memanfaatkan limbah air wudlu
  • Tata tertib dan penanggung jawab sarana sudah optimal
  • Efisiensi lebih optimal
  • Jumlah greenhouse memadai
  • Jumlah biopori lebih banyak
  • Jumlah tanaman banyak baik jumlah maupun jenisnya
  • Memiliki sumur peresapan
  • Mengelola limbah cucian kantin
  • Memiliki tempat persemaian tanaman